Ketika saya masih kecil, saya pernah mengalami kesulitan tidur. Saya terbangun sampai pukul tiga dini hari sebelum menangis histeris sampai orang tua menenangkan saya. Hal ini terjadi setiap malam selama beberapa bulan. Sangat tidak menyenangkan.

Tapi salah satu hal yang menonjol sejak saat itu adalah satu trik yang diajarkan ibuku untuk membantuku tenang dan tidur. Ibu akan menyuruhku memejamkan mata dan membayangkan peti harta karun. Lalu, ibu menyuruhku mengambil semua pikiranku, satu per satu, dan memasukkannya ke dalam peti itu kemudian menguncinya.

Saya tahu betapa sulitnya berjuang untuk tenang saat Anda stres, cemas, atau khawatir tentang sesuatu.

Jadi, ketika Anda sepertinya tidak bisa memejamkan mata, selalu siapkan strategi cadangan dan saya punya 10 pilihan untuk Anda coba.

  1. Berpikirlah Positif

Menurut penelitian, hal ini cukup mudah. Membebaskan pikiran Anda dari pikiran negatif tersebut dapat membantu anda rileks. Hilangkan segala macam “Bagaimana kalau besok saya bangun kesiangan” “Besok pasti capek banget,” Pikiran yang positif akan membantu anda lebih cepat tertidur.

  1. Pilih Satu hal untuk dipikirkan

Anda tahu bagaimana orang selalu mengatakan untuk mencoba menghitung domba? Nah, dengan fokus pada sesuatu yang spesifik (seperti mengisi peti harta karun) bisa membantu anda untuk mengantuk. Pilih untuk fokus pada napas Anda, atau ulangi doa atau kata-kata yang menenangkan di atas kepala Anda asalkan bukan “Saya tidak bisa tidur,”

  1. Berpura-pura lelah

Tipu lah otak anda dengan berpura-pura merasa lelah. Konsentrasilah pada hal-hal yang akan Anda rasakan jika Anda lelah, seperti mata yang terkulai, ruangan yang gelap, atau sensasi tenggelam ke tempat tidur Anda. Sebelum Anda menyadarinya, Anda mungkin sudah tertidur!

  1. Sesuaikan Suhu Anda

Apa lingkungan tidur ideal Anda? Bahkan jika Anda tidak bisa sepenuhnya mengendalikan sistem pemanas dan pendingin di rumah Anda, Anda bisa mengendalikan tubuh Anda. Jadi, letakkan kipas angin lebih dekat ke wajah Anda saat Anda terlalu panas atau pakai selimut tebal saat Anda terlalu dingin. Penelitian mengatakan suhu tidur ideal adalah 60 sampai 67 derajat Fahrenheit.

  1. Carilah bahan bacaan

Bukan bacaan yang dibaca di ponsel atau tab anda, tapi bacalah buku untuk membantu Anda mengantuk, Pilihlah buku yang menurut anda bisa membuat jenuh dan mengantuk. Matikan lampu di kamar Anda, atau gunakan lampu tidur dengan cahaya yang cukup agar Anda bisa melihat dengan nyaman. Jangan khawatir untuk membatasi seberapa banyak anda harus membaca, baca saja sampai Anda merasa mengantuk.

  1. Dengarkan Musik

Saya tidak menyarankan Anda untuk mendengarkan full album lagu rock atau metal, namun beberapa musik perkusi sederhana seperti akustik dan istrumental mungkin sangat cocok untuk membuat mata Anda terkulai.

  1. Coba juga dengarkan Podcast atau Audiobook

Pilih podcast favorit Anda atau audiobook secara acak, dan biarkan suara narator menenangkan pikiran Anda. Bukan tentang mendengarkan informasinya, tapi tentang memberi sedikit suara yang menenangkan Anda.

  1. Atau White Noise

Terkadang keheningan yang tak tertahankan inilah yang membuat Anda terjaga sepanjang malam, cobalah aplikasi white noise untuk mengisi ruangan dengan suara halus.

  1. Atau gunakan Aplikasi Meditasi

Download aplikasi pernapasan seperti Headspace, atau aplikasi suara alami yang akan menenangkan pikiran Anda dan merasa seperti sedang tidur siang di pantai.

  1. Lakukan Peregangan

Anda bisa melakukan ini tanpa bangun dari tempat tidur. Letakkan kaki Anda ke dinding untuk menenangkan sistem saraf pusat Anda, atau cobalah pose bayi yang bahagia atau pose anak untuk merilekskan tubuh Anda. Sebagai alternatif, lakukan gerakan ringan dan gerakan tangan dan lengan di punggung untuk merilekskan otot.

Insomnia bisa sangat mengganggu bagi banyak orang karena efek yang ditimbulkan sangat buruk bagi kesehatan. Kurang tidur bisa memicu penyakit jantung parah bahkan hingga kematian. Jika anda salah satu orang yang menderita insomnia, cobalah lakukan beberapa hal diatas. Jangan lupa juga baca info lifestyle di BreakTime.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *